Jumat, 15 Juni 2012

ILMU-ILMU HADITS


A.SEJAR AH PERKEMBANGAN ILMU HADITS
Pada masa kenabian,ilmu hadist telah muncul lewat kegiatan nabi dan para sahabatnya.mereka dalam traspormasi hadist melakukannya dengan teliti dan hati-hati dengan cara memperhatikan sanad dan matan,lebih-lebih ketika mempunyai keragui-raguan tentang transpormator,fenomena tersebut dilanjutkan oleh tabiin dan para pengikut tabiin yang pada masa ini telah muncul apa yang diungkapkan oleh ibnu sirin yang tertera dalam muqaddimah sahih muslim”mereka tidak menyatakan isnad maka ketika itu timbul fitnah,mereka berkata:sebutkan pada kami tokoh-tokoh kalian,bila mereka ahli sunnah maka mereka mengambil haditsnya dan bila melihat ahli bidah,maka mereka tidak mengambil hadist ahli bidah tersebut.
Sebagaimana yang ditetapkan oleh disiplin ilmu hadist,tidak akan diterima kecuali,setelah sanad diketahui

B.MACAM-MACAM ILMU HADIST DAN PENGERTIANNYA
Ilmu hadits yakni,ilmu yang berpautan dengan hadits,banyak ragam macamnya,jika dilihat dari garis besarnya terbagi dalam dua bagian saja.
Pertama:Ilmu Hadits Riwayat.
Ialah ilmu yang membahas cara persambungan hadist kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW,dari sikap para perawinya, mengenai kekuatan hafalan dan keadilan mereka dan dari segi keadaan sanad putus dan bersambungnya.
Kedua:Ilmu Hadist Riwayat
Ialah imu yang membahas makna-maknayang dipahamkandari lafal-lafal hadist dan yang dikehendaki dari suatu lafaldan kalimat,dengan bersandar kepada aturan-aturan bahasa arab dan kaidah-kaidah agama,serta sesuai dengan keadaan nabi Muhammad SAW.
Tetapi kebanyakan ulama menta’rifkan ilmu hadist riwayat dan dirayat adalah sebagai berikut:
Ilmu hadist riwayat ialah suatu ilmu untuk mengetahui sabda-sabda,perbuata,taqrir-taqrir dan sifat-sifat nabi Muhammad SAW. Sedangkan ilmu hadist dirayat ialah suatu ilmu untuk mengetahui keadaan sanad dan matan yang diterima dan yang ditolak.
Inilah dua pokok dan batangnya ilmu hadist,dari dua pokok ini muncullah beberapa cabang.

C. CABANG-CABANG ILMU HADIST,SEJARAH DAN KITAB-KITABNYA.
a. Ilmu Rijalil Hadist
Ialah ilmu yang membahas para perawi hadist baik dari sahabat,tabiin maupun dari angkatan-angkatan sesudahnya.Dengan ilmu ini dapatlah kita mengetahui keadaan para perawi yang menerima hadist dari rasulullah,dan keadaan para perawi yang menerima hadist dari sahabat dan seterusnya.
Di dalam ilmu ini diterangkan tarikh ringkas dari riwayat hidup para perawi,madzhab yang dipegangi oleh para perawi dan keadaan para perawi itu menerima haduist.
Sungguh penting sekali ilmu ini dipelajari dengan seksama,karena hadist itu terdiri dari sanad dan matan.Maka mengetahui keadaan para perawi yang menjadi sanad,merupakan separoh pengetahuan.
Kitab-kitab yang disusun dalam ilmu ini banyak ragamnya.Ada yang hanya menerangkan riwayat-riwayat ringkas dari para sahabat saja.Ada yang menerangkan riwayat umum para perawi.Ada yang menerangkan perawi-perawi yang dipercaya saja.Ada yang menerangkan riwayat-riwayat para perawiyang lemah-lemah,atau para mudallis,atau para pembuat hadist maudlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar